Cari
  • Penina Yuliana

5 Cara Efektif meningkatkan Omzet Penjualan



Salah satu bentuk keberhasilan sebuah bisnis diukur dari tingkat penjualannya yang baik. Oleh karena itu, setiap pelaku bisnis harus menghitung hasil penjualannya secara berkala agar mengetahui kemajuan usahanya. Semakin tinggi penjualan, semakin banyak pula keuntungan yang didapat. Dengan kata lain, usaha juga semakin berhasil. Disinilah munculnya istilah “omzet” yang banyak dibicarakan para pelaku bisnis.

Sebelum mengetahui cara meningkatkan omzet, sebaiknya Anda megetahui dulu arti omzet. Omzet adalah total pendapatan dari hasil penjualan produk atau jasa dalam kurun waktu tertentu. Total pendapatan ini belum dikurangi dengan HPP (harga pokok penjualan) dan biaya lainnya seperti listrik, air, sewa gedung, peralatan, dan lain-lain. Dengan kata lain, omzet adalah laba kotor yang dihasilkan suatu perusahaan. Berikut adalah cara menghitung omzet :


Jumlah produk terjual x harga produk


Dari rumus diatas, sangat jelas kenaikan omzet dipengaruhi oleh jumlah produk dan harga produk. Oleh karena itu, untuk meningkatkan omzet, diperlukan adanya peningkatan penjualan produk atau peningkatan harga produk. Namun, yang jadi pertanyaan bagaimana cara membuat produk Anda laku? Mari perlajari langkah-langkahnya


Memperkuat brand

Banyak orang yang menjual produk serupa, tapi tidak semuanya terkenal. Misalnya, makaroni ngehe. Makaroni ini memiliki ciri-ciri yang serupa dengan makaroni pedas pada umumnya. Namun, makaroni ngehe memiliki brand yang kuat sehingga orang-orang lebih memilihnya. Selain itu, kepercayaan konsumen terbangun sehingga secara tidak langsung brand Anda akan dipasarkan oleh konsumen yang puas terhadap produk Anda.



Memperbaiki kualitas produk

Jika brand sudah kuat, tapi kualitas produk buruk tentu saja dampaknya tidak baik. Para pembeli tidak akan kembali lagi membeli produk Anda. Bahkan, mereka bisa memberitakan testimoni buruk setelah menggunakan produk Anda. Mengingat teknologi digital saat ini, siapa saja bisa memberi review baik maupun buruk lewat internet. Maka, kualitas produk harus selalu baik.



Dikemas dengan baik

Produk Anda harus dikemas dengan baik. Sebab, para pembeli juga akan menilai suatu produk dari kemasan terluar yang melindungi produk yang dibeli. Misalnya seperti paperbag dan box yang dapat mempercantik produk Anda. Selain efek rapih dari kemasan, paperbag dan box juga dapat memberi kesan ‘spesial’ kepada para pembelinya. Informasi lebih lanjut untuk paperbag dan box, silakan klik ini.



Menggunakan media digital

Saat ini semua orang sudah mencari informasi melalui media digital. Oleh karena itu, aktif di social media dan forum-forum yang berkaitan dengan usaha Anda juga sangat penting. Kalau perlu, lakukan endorsement, paid promotion, dan memasang iklan digital. Hal Ini akan sangat membantu brand Anda dikenal banyak orang. Tentu, juga berpengaruh terhadap peningkatan omzet.



Melakukan Promosi Offline

Memang promosi secara digital saat ini sangat penting, tapi promosi offline juga tak kalah penting. Dengan adanya promosi offline, orang-orang akan lebih percaya terhadap produk Anda. Terutama bagi pembeli yang ingin bekerjasama dalam skala besar. Biasanya, mereka akan mencari toko atau perusahaan offline. Selain itu, terlibat dalam seminar atau bazaar juga dapat membantu mengenalkan produk Anda kepada banyak orang. Oleh karena itu, sangat penting mempersiapkan produk-produk yang berkaitan untuk promosi. Misalnya seperti flyer, box display, banner, poster, kartu nama dan masih banyak lagi. Informasi lebih lanjut untuk produk promosi, silakan klik ini.

Demikianlah 5 cara meningkatkan omzet penjualan. Untuk informasi lanjut mengenai produk promosi lainnya, silakan berkunjung ke csgrafika.com


0 tampilan